Penyebab Mengapa Tidak bisa Jual Reksadana Bibit
Membeli reksadana
sekarang bisa dilakukan dengan mudah lewat berbagai aplikasi. Salah satunya
ialah aplikasi Bibit. Cara penggunaannya sebenarnya mudah namun kendala yang
sering dikeluhkan oleh penggunanya adalah kesulitan pada saat hendak melakukan
proses penjualan. Antara lain karena tombol untuk menjual nya tidak tersedia.
Terdapat beberapa kemungkinan kondisi sehingga tombol jual tersebut tidak
muncul, sehingga tidak bisa jual reksadana Bibit dengan secara otomatis lewat aplikasi. Berikut beberapa sebabnya.
Masih dalam Proses Verifikasi
Apabila tombol jual
tidak muncul, maka besar kemungkinan hal itu disebabkan karena masih dalam
tahap proses verifikasi. Perlu waktu bagi pihak Bibit agar bisa melakukan
proses verifikasi. Pembelian reksadana yang dilakukan hingga sebelum jam 1
siang, maka akan dilakukan proses verifikasi di malam harinya mulai jam 22:00
WIB, yakni di hari yang sama. Sedangkan bagi pembelian reksadana yang dilakukan
sesudah jam 1 siang, maka proses verifikasi nya baru akan dilaksanakan pada
hari berikutnya mulai jam 22:00 malam. Selama proses verifikasi ini, maka
tombol jual memang belum bisa tersedia. Sehingga pengguna harus menunggu
selesai proses verifikasinya selesai terlebih dahulu pada jam verifikasi sesuai
ketentuan tersebut hingga tombol jual lalu bisa muncul.
Menunggu Penyelesaian Pembelian
Sebagaimana pada
proses verifikasi, maka proses penyelesaian pembelian juga akan memerlukan
waktu dan berpengaruh terhadap kemunculan tombol jual. Sehingga cek dan
pastikan jam transaksinya. Proses penyelesaian pembelian ini akan diselesaikan
satu hari sesudah proses verifikasi nya selesai. Usahakan segera melakukan
proses pembayaran. Semakin cepat melakukan pembayaran maka akan semakin cepat
prosesnya selesai. Apabila pembelian dilakukan di akhir pekan maka akan berbeda
lagi prosesnya, sebab proses verifikasi dan penyelesaian pembelian hanya dapat
dilakukan pada saat bursa buka, yakni pada saat hari kerja. Sehingga selama
proses tersebut maka tombol jual juga tidak muncul.
Reksadana Belum Masuk Portofolio
Kemungkinan lainnya
adalah ketika reksa dana belum masuk ke portofolio. Jadi meskipun pembayaran
telah dilakukan dan dananya telah masuk, namun pihak Bibit masih memerlukan
waktu guna melakukan verifikasi pembelian tersebut. Sehingga tombol jual baru
akan bisa muncul apabila reksadana nya telah masuk ke portofolio.
Lalu setelah seluruh proses di atas
selesai maka kemudian lakukan langkah berikut.
- Buka dan masuk pada aplikasi Bibit
- Lalu Buka portofolio
- Kemudian pilih reksadana yang hendak dijual.
- Lalu pilih tombol Jual yang terdapat pada menu tersebut.
- Kemudian masukkan nominal penjualan reksadana yang mau dilakukan.
- Jangan lupa Baca serta pahami syarat dan ketentuan penjualan.
- Apabila sudah dipahami, lalu pilih tombol Jual guna melanjutkannya
- Hingga muncul notifikasi bahwa order jual sudah diterima.
- Kemudian tunggu proses verifikasi dari bank Kustodian.
- Hingga muncul notifikasi Order Jual Berhasil
- Lalu tunggu dananya masuk ke rekening.
- Selesai.
Tidak ada komentar: