Aktualisasi Diri

 


Abraham Maslow mengatakan bahwa manusia memiliki kesadaran untuk selalu memenuhi kebutuhan dirinya. Pertama manusia pasti menginginkan untuk memenuhi kebutuhan fisiologisnya, yaitu berupa sandang, pangan dan papan. Setelah kebutuhan fisiologisnya terpenuhi, manusia akan mencari kebutuhan selanjutnya yaitu kebutuhan akan rasa aman dimana seseorang akan mencari sesuatu untuk memenuhi rasa amannya. Setelahnya kebutuhan akan cinta, sayang dan kepemilikan pun muncul. Kebutuhan ini muncul karena manusia itu sendiri adalah makhluk sosial, karena itu seseorang pasti  akan mencari kebutuhan akan cinta, sayang dan kepemilikan itu karena itu merupakan cara manusia untuk mengatasi rasa kesepian dan kesedihannya. Lalu setelah seseorang telah memiliki cinta, sayang dan kepemilikan  itu maka tumbuhlah kebutuhan akan penghargaan terhadap dirinya. Manusia pada dasarnya sangat suka untuk disanjung, maka dari itu manusia membutuhkan orang lain untuk mengakui dirinya. Setelah keempat kebutuhan  itu terpenuhi, maka manusia akan mencari kebutuhan tertingginya, yaitu Aktualisasi Diri.

        Aktualisasi diri adalah suatu bentuk yang mencerminkan keinginan seseorang terhadap dirinya sendiri. Aktualisasi diri bukanlah suatu bentuk kebutuhan yang mudah dicapai. Tidak seperti empat kebutuhan diri sebelumnya, jika keempat kebutuhan sebelumnya belum tercapai maka akan mudah diketahui alasan dari kegelisahan yang ada pada diri seseorang. Berbeda dengan Aktualisasi diri, jika kebutuhan ini tidak tercapai, kegelisahan akan timbul namun kegelisahan ini sangat sulit untuk dihilangkan karena seseorang sangat sulit memahami dengan jelas apa yang membuat kegelisahan itu muncul.

        Sebelum mencapai aktualisasi diri, seseorang harus tau terlebih dahulu apa passion yang ada dalam dirinya, karena aktualisasi diri sendiri adalah sebuah pengungkapan atas keinginan apa yang ada didalam dirinya. aktualisasi diri bukanlah suatu hal yang sulit untuk dicapai, karena pada dasarnya itu adalah cerminan atas diri kita sendiri. Terkadang kita merasa tertahan ataupun ditahan untuk melakukan apa yang kita inginkan, rasa tertahan sendiri bisa datang karena kita merasa bahwa ketika kita akan melakukan apa yang sebenarnya kita inginkan maka itu akan melewati zona nyaman kita dan itu membuat kita takut untuk melangkah lebih jauh, dan ya beberapa orang banyak yang takut untuk melampaui zona nyamannya. Sedangkan, rasa ditahan muncul karena adanya dorongan dari keluarga untuk tidak melakukan hal yang menjadi keinginan kita sendiri. bagi remaja ini biasanya datang dari orang tua, dimana terkadang orang tua secara sadar atau tanpa sadar melarang anaknya untuk mengikuti passionnya, dan menyuruh anaknya untuk mengikuti jalur yang telah mereka siapkan, sedangkan hal itu dapat membuat anaknya untuk mengembangkan diri dan mencapai aktualisasi dirinya.

            Sebenarnya sepenting apa sih aktualisasi diri itu? Aktualisasi diri sangat penting untuk dipenuhi. Karena pada dasarnya manusia selalu mencari kepuasan, dan kepuasan itu bisa didapatkan lewat aktualisasi diri. Aktualisasi diri membuat manusia merasa lebih percaya diri menghadapi dunia, lebih berani untuk membuka diri kepada lingkungannya, dan membuat dirinya menjadi orang yang penuh dengan rasa suka cita. Aktualisasi diri membuat seseorang dapat lebih diandalkan di lingkungannya, karena lingkungan merasa bahwa dia adalah orang yang sangat terbuka dan penuh akan suka cita, maka lingkungannya akan lebih sering mengandalkannya.

        Sekarang banyak orang yang belum bisa untuk memenuhi aktualisasi dirinya, entah itu karena memang belum memiliki keinginan kuat akan berbuat apa dalam hidupnya atau karena adanya rasa tertahan atau ditahan diatas. Bagi kalian yang belum bisa memenuhi kebutuhan aktualisasi diri karena belum tau akan keinginan terbesar terhadap apa yang akan kalian lakukan dalam hidup kalian, saran saya adalah perluas dunia kalian, jangan terjebak dalam satu dunia saja tapi teruslah mencari hal – hal baru dalam hidup kalian. Bagi kalian yang terjebak karena adanya rasa tertahan atau ditahan, pesan saya hanya satu, LAMPAUI semua yang membuat kalian merasa seperti itu dan segera kejarlah aktualisasi diri kalian.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.