Evaluasi

Evaluasi


Hidup penuh dengan banyak rintangan, kasarnya hidup ini penuh dengan banyak lika – liku yang siap membuat kita tergelincir jika kita tidak siap dengan datangnya lika – liku itu.  Banyak orang terpeleset bahkan sampai terjatuh, ketika rintangan yang datang kepadanya tidak siap untuk dia terima. Tapi bagi yang siap, maka rintangan itu akan dapat mereka lalui dengan penuh kemenangan.

        Kapan terakhir kali kita bertanya “Apa saja yang sudah saya lakukan?”. Mungkin bagi orang – orang yang senang mengevaluasi diri, pertanyaan ini pasti sangat sering mereka ajukan kepada diri mereka sendiri. Tapi, bagi kita yang masih belum mencoba untuk mengevaluasi diri, mungkin pertanyaan ini jarang terlintas dibenak atau bahkan belum pernah sekalipun terlintas. Orang – orang sukses pasti sering melontarkan pertanyaan “Apa saja yang sudah saya lakukan?” karena bagi mereka, tiap langkah yang diambil harus dievaluasi apakah sudah baik atau masih perlu diperbaiki lagi, atau bahkan masih bisa mereka tingkatkan lagi.

         Dalam hidup, evaluasi sangat perlu dilakukan karena tiap langkah yang akan kita buat kedepannya perlu diperhitungkan dengan baik, agar kegagalan yang telah terjadi sebelumnya dapat kita minimalisir bahkan dapat kita hindari dengan baik. Banyak orang belum mengetahui bahwa evaluasi diri sangat diperlukan dalam hidupnya, banyak orang masih melangkah dengan tidak ada pijakan yang pasti sehingga langkah yang mereka lakukan bisa menjadi langkah yang berbahaya yang dapat menjerumuskan mereka.

            Kehidupan pasti dan akan selalu penuh dengan lika – liku, tapi bagaimana kita mempersiapkan diri untuk menghadapi lika – liku hidup adalah suatu cara agar hidup  yang kita jalani dapat disiapkan dengan matang.

            Kamu mungkin sekarang berpikir sedang berada di titik terbawah dalam hidup kamu, tapi ada satu hal yang harus kamu tahu, bahwa kegagalan yang baru saja kamu alami itu adalah sebuah pelajaran berharga yang tidak pernah akan kamu dapatkan di sekolah manapun di dunia ini. Evaluasi kegagalan kamu sekarang, persiapkan diri kamu untuk melangkah maju sehingga saat ada rintangan lain yang menghadang maka kamu sudah tau akan melakukan apa terhadap rintangan tersebut.

        Sekarang, mulailah untuk terus mengevaluasi diri, lontarkan terus pertanyaan “Apa saja yang sudah saya lakukan ?” setiap hari sehingga kamu dapat terus menjadi pribadi yang lebih baik dari dirimu yang sekarang.
 
 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.